Memanajemen user maksudnya adalah mengatur atau
mengelompokkan user berdasarkan hak akses untuk login ke system mikrotik.
Nah, berikut cara memanajemen user pada mikrotik via winbox,
beserta penjelasannya.
1.) Menambahkan
User Mikrotik pada winbox
Untuk menambahkan user di winbox,
klik menu system yang berada pada halaman utama winbox, pilih user, kemudian
klik tanda plus (+), untuk menambahkan user.
Lihat gambar dibawah.
Kemudian edit , pada bagian gruop ada tiga pilihan, yaitu
full, read dan write. Setelah di edit, untuk menyimpannya klik apply laku ok.
a.) full maksudnya user bisa melakukan hal apa saja seperti halnya user
admin bawaan mikrotik, akses full ini hanya untuk admin atau orang yang sangat
bertanggung jawab terhadap server router mikrotik.
b.)read maksudnya user hanya bisa melihat/membaca saja konfigurasi
mikrotik, biasanya user jenis ini di gunakan untuk orang yang ingin melihat
konfigurasi server saja.
c.)write maksudnya user dapat melihat dan mengedit, dan menambahkan
konfigurasi, tetapi hanya beberapa fitur saja.
2.)menambahkan group mikrotik pada winbox
Pertama pilih menu system yang berada pada halaman utama
winbox, pilih groups, kemudian klik tanda plus(+)
Lihat
gambar dibawah.
Kemudian edit group yang ingin di buat, setelah selesai di
edit pilih apply kemudian ok.
"SEMOGA BERMANFAAT"
0 komentar:
Post a Comment